Songa Rafting Pekalen Probolinggo, Surganya Para Rafter

Songa Rafting Pekalen Probolinggo

Songa Rafting Pekalen Probolinggo | Songa Rafting atau biasa dikenal dengan "Arung Jeram" merupakan wisata alam dengan nuansa petualangan atau wisata Adventure, lokasi wisata arung jeram ini berada di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. dengan medan air dari sungai pekalen probolinggo yang memilki debit air yang sangat kencang secara perlahan arung jeram di camp songa rafting pekalen probolinggo semakin banyak diminati para wisatawan yang notabene suka dengan petualangan atau Adventure.

Songa Rafting Pekalen Probolinggo

http://www.travelbromomalang.com/

Songa Rafting Pekalen menjadi salah satu wisata andalan dari Kabupaten Probolinggo selain Wisata Bromo yang terkenal dengan keindahan Sunrisenya, dan Air Terjun Madakaripura, Air Sungai Pekalen Bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan dengan lebar sungai rata-rata 5-20 meter dan kedalaman air kurang lebih 1-3 meter. maka travel bromo malang mengatakan bahwa di camp songa rafting pekalen probolinggo merupakan salah satu wisata arung jeram yang paling menantang dalam jajaran obyek wisata rafting di Jawa Timur.

Medan Dan Pesona Songa Rafting Pekalen Probolinggo

Medan yang digunakan untuk rafting di sungai pekalen jaraknya lumayan jauh berjarak -+ 29 KM dan dibagi dengan 3 (tiga) bagian oleh pengelola camp Songa Rafting Pekalen Yaitu :
  • Sungai Pekalen Atas ( Beatiful Trip, 12 Km)
  • Sungai Pekalen Tengah (Fantastic Trip, 7 Km)
  • dan Sungai Pekalen Bawah (Incredible Trip, 10 Km)

Dari kesemua trip tersebut memilki daya tarik dan tantangan tersendiri, akan tetapi untuk Sungai Pekalen Atas atau sering kita kenal dengan "Songa Trip Atas" menjadi salah satu medan yang paling menantang para rafter karena Pekalen Atas memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk berarung jeram dibandingkan dengan Pekalen Tengah dan Pekalen Bawah. dan para Rafter sering kali menyebutnya Songa Trip Atas adalah surganya para Rafter (Rafter Paradise). dengan jeram yang menantang dan di padu suasana yang masih alami serta goa goa kelelawar dan sentuhan air terjun memeberikan kesan yang luar biasa yang tidak pernah akan anda temui di sungai sungai lain di jawa timur.

Kegiatan Wisata Arung Jeram Juga termasuk Kategori Olahraga yang memacu adrenalin untuk menghilangkan kepenatan yang berada di otak kita. selain suguhan alam yang masih alami dan masih terjaga keindahannya, suasana yang begitu tenang tidak pernah akan merasa bosan berada di lokasi arung jeram ini walaupun pada dasarnya berkesan petualangan yang menantang,

Start point wisata rafting songa trip atas berada di Dusun Angin Angin, Desa Ranu Gedang. Selama perjalanan peserta akan disuguhi indahnya 7 air terjun (diantaranya bernama Air Terjun Angin-angin), goa-goa kelelawar dan struktur batuan alami. Sungguh menakjubkan Songa Rafting ini. Di tengah-tengah perjalanan akan berhenti di Rest Area Kedung Adem-adem dimana peserta sekali lagi akan dijamu dengan minuman Poka, STMJ dan sajian pisang goreng. Sungguh pas dinikmati di tengah dinginnya deburan air sungai Pekalen. Finish point-nya terletak di Dusun Gembleng, Desa Pesawahan. Masih begitu alami dan airnya masih begitu jernih dan segar.

Pengarungan dari Start-Finish kurang lebih 12 kilometer yang ditempuh selama 3,5 jam. Jumlah jeram sekitar 50 buah seperti Welcome, Batu Jenggot, Pandawa, Rajawali, Xtravaganza, KPLA, Tripple Ace, The Fly Matador, Hiu, Cucak Rowo, Long Rapid, Good Bye. Ada pula Jeram Inul, disebut demikian karena untuk melewati jeram itu, setiap peserta harus “bergoyang bak Inul”. Tingkat kesulitan arung jeram disini yaitu grade II sampai III+.

Rute Menuju Songa Rafting Pekalen Probolinggo

Untuk menemukan lokasi basecamp dari Songa Rafting Pekalen Probolinggo tidaklah begitu sulit karena dari jalan raya Probolinggo - Bondowoso - Banyuwangi tinggal melihat papan petunjuk besar yang terletak di pinggir jalan jika kesulitan silahkan anda bertanya setelah tiba di pabrik Sasa Inti Probolinggo. Dari jalan raya ini harus menempuh jarak sekitar 15 km untuk sampai ke basecamp. Sayangnya kondisi jalan menuju kesana tidak begitu bagus, sehingga mau tidak mau memaksa para pengunjung terlebih dahulu harus berarung jeram melawati jalan akses yang berlubang-lubang. Perjalanan dari jalan raya sampai ke basecamp ini memakan waktu sekitar 1 jam.

Tiba di basecamp, peserta akan dipersilahkan dulu beristirahat sejenak sambil disuguhi makanan kecil berupa pisang rebus dan minuman yang dinamakan Poka (khas minuman camp songa rafting), yang terbuat dari teh dicampur jahe, keningar dan kayu manis. Diberi kesempatan juga untuk berganti pakaian dengan pakaian yang memang siap untuk basah karena pasti akan terciprat derasnya air sungai. Para penikmat wisata arung jeram dilengkapi pelindung keselamatan seperti helm dan jaket pelampung, serta dipandu oleh seorang guide yang telah terlatih dan berpengalaman. Perahu karet yang dipakai adalah jenis inflatable raft yang memang diperuntukkan untuk melewati jeram dengan aman karena berisi udara yang dapat meredam benturan antara badan perahu dengan bebatuan jeram.

Demikian postingan artikel tentang informasi Songa Rafting Pekalen Probolinggo, semoga bermanfaat, jika anda mempunyai watu libur yang panjang sempatkan juga untuk berlibur ke bromo dan madakaripura degan mengambil paket wisata bromo rafting dan paket wisata bromo madakaripura. untuk detail infromasi harga, serta pemesanan paket wisata bromo, city tour batu malang, paket wisata bromo malang, dan sewa jeep bromo silahkan hubungi Kontak Kami.

Songa Rafting Pekalen Probolinggo


Travel Bromo Malang Adalah Agen Perjalanan Paket Wisata Bromo Yang Berdiri Sejak Tahun 2013 dan Berkantor di Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia.