Air Terjun Madakaripura, Jejak Terakhir Sang Legenda

Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Air Terjun Madakaripura Probolinggo | Air Terjun Madakaripura adalah air terjun yang fenomenal dikalangan para traveler dengan pesona tebing-tebing hijau yang menjulang tinggi yang seakan-akan membentuk tirai diseluruh bidang tebingnya, dan membuat pemandangan sangat eksotis dan menawan.

Selain itu juga memiliki sejarah mistis tentang keberadaannya. Air terjun Madakaripura berlokasi di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo dan masih masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air Terjun Madakaripura sering kita dengan dengan julukan “Air Terjun Abadi” mengingat curahan airnya tak pernah berhenti mengalir.

Air Terjun Madakaripura Probolinggo



Keberadaan Air Terjun Madakaripura Probolinggo, sangatlah dekat dengan obyek wisata lain seperti wisata bromo dan rafting songa pekalen, dan kesemua obyek wisata tersebut memiliki pesona yang luar biasa dan banyak mendatangkan para wisatawan, selain wisata bromo yang terkenal dengan keindahan sunrisenya atau biasa sering kita dengar dengan bromo sunrise tour, dan juga wisata arung jeram (wisata petualangan / adventure) di camp songa trip atas.

Pesona Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Air Terjun Madakaripura memilki pesona keindahan yang menawan, Sejauh mata memandang sentuhan alam yang masih sangat alami serta segarnya udara di kawasan ini semakin betah untuk berlama - lama, Air Terjun Madakaripura seperti layaknya tersimpan dalam tabung kokoh berketinggian 200 meter. Suasana alami dan sejuk ditambah lumut-lumut basah yang tumbuh di dinding lembab membawa sebuah kesan mistis, terutama bagi mereka yang mengetahui latar belakang air terjun ini.

Menyaksikan keindahan panorama serta mengabadikan momen dengan kamera adalah cara terbaik untuk menikmati pesona Air Terjun Madakaripura. Air terjun yang terus-menerus mengalirkan curah air bepadu indah dengan lumut berkilauan akibat terkena sinar matahari. ketika beruntung akan ada pancaran pelangi dan semakin lengkap keindahan air terjun ini. Tatkala Anda menengadahkan kepala ke arah langit, Anda dapat meresapi pesona indah yang dimilikinya.

Bermain-main air ditempat curahan air terjun ini adalah kegiatan lain yang populer dilakukan para wisatawan yang datang dan berlibur dikawasan wisata Air Terjun Madakaripura. Anda dapat merasakan sejuk dan dinginnya air dan sangatlah sejuk, layaknya air es, hehe

Sejarah Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Air Terjun Madakaripura memilki sejarah tentang keberadaan mahapatih gajah mada, terkait itu mitos atau apa, yang jelas ini sudah menjadi suatu perbincangan yang senter oleh masyarakat sekitar, sejarah tersebut dibuktikan dengan adanya patung maha Patih Gajahmada di lokasi pintu masuk menuju air terjun madakaripura.

Kearifan lokal disana menyebutkan bahwa Gadjah Mada menjadikan Air Terjun Madakaripura sebagai tempat meditasi terakhirnya. Menurut keyakinan Jawa kuno, disinilah Gadjah Mada mencapai moksa, yaitu menghilang dari muka bumi secara fisik dan spiritual. menurut penduduk sekitar yang beragama hindu, Air terjun ini juga masih dianggap sebagai Air Suci atau Tirta Sewana. dan biasanya para penduduk tengger menggunakan air terjun ini untuk prosesi upacara Mendhak Tirta yang dilakukan setiap tahun.

Rute Menuju Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura dapat ditempuh melalui jalur Surabaya. Tetapi agar lebih mudah, Anda sebaiknya menyewa mobil di Malang atau Surabaya. Bila tidak ingin kesulitan carilah sewa mobil yang berpengalaman dalam dunia wisata, atau juga bisa menambil paket wisata bromo madakaripura,


Perjalanan dari kota Surabaya menuju Probolinggo memakan waktu kurang lebih 3 jam, Anda akan melewati rute Sidoarjo – Porong – Pasuruan – Probolinggo.

Sesampainya diprobolinggo, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke sebuah daerah bernama Tongas. Di sana, Anda akan menjumpai sebuah pertigaan dengan patokan tugu kecil di tengahnya atau pertigaan pasar lumbang (karena berada dikecamatan lumbang). Ada penunjuk arah ke lokasi Air Terjun Madakaripura dan Gunung Bromo. Dari sana, perjalanan masih akan berlangsung sekitar 30 menit sebelum penunjuk arah berikutnya terlihat. Anda hanya perlu mengikuti penunjuk jalan tersebut hingga sampai di lokasi.

Walaupun cukup sempit  namun akses jalan menuju lokasi air terjun cukup baik dan sudah beraspal. Sepanjang perjalanan mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan yang hijau. Setelah melalui jalan yang menurun tajam, Anda akan sampai di lokasi tempat parkir.

Sepanjang perjalanan dari tempat parkir ke air terjun Anda akan melalui jalan setapak dan beberapa kali menyeberangi sungai. Walau lumayan jauh Anda tidak akan merasa lelah karena Anda akan dimanjakan oleh damainya suasana lembah dengan tebing-tebing yang hijau oleh rerumputan, kicau burung dan gemericik air akan menjadi musik pengiring perjalanan Anda.

Serta udara nyang segar dan bahkan kadang juga ada monyet yang bergelantungan dipohon, Ketika sampai hampir sampai lokasi anda akan turun sungai dan akan menjumpai beberapa titik air terjun yang mirip seperti hujan, disinilah akan butuh perjuangan yang sangat keras karena disamping licin juga terhalang dengan batu batu besar, akan tetapi setelah tiba dilokasi titik air terjun lelah letih dan capek akan hilang seketika, terlihat air terjun yang menjulang tinggi seakan mencakar langit dan indahnya tebing tebing seakan menjaga kealamian dari air terjun madakaripura.

Tips dan Panduan Menuju Air Terjun Madakaripura

Berikut tips dan panduan dari travel bromo malang untuk menuju ke air terjun madakaripura.
  • Kenakan sepatu atau sandal khusus seolah untuk naik gunung. Pakaian yang nyaman dan santai adalah pilihan terbaik untuk dikenakan.
  • Pastikan datang di pagi hari. Konon ada mitos yang beredar di kawasan ini yaitu agar anda datang sebelum jam 14.00 (jam dua siang). Karena menjelang sore sering terjadi hujan dan jalan keluar dari kawasan air terjun sering terendam banjir dan longsor. (jika pada musim hujan)
  • Saat tiba di air terjun, luangkan waktu untuk istirahat sejenak sebelum anda bermain di sekitarnya. Arus air yang deras menjadi sangat berbahaya jika anda kurang konsentrasi karena kelelahan.
  • Ada beberapa air terjun di kawasan Madakaripura ini. Kami mencatat ada lima obyek, mulai dari yang debit airnya kecil hingga yang deras. Masing-masing memiliki tingkat kesulitan tersendiri terutama jika anda ingin mendekat ke lokasi. Jalan dengan batu-batu licin menjadi tantangan tersendiri untuk anda.
  • Gunakan alat seperti mantel atau payung karena sebelum sampai ke titik air terjun ada air terjun yang mirip seperti air hujan dan jika tidak pakai matel atau payung bisa dipastikan basah kuyup. (di lokasi ada banyak yang jual mantel atau sewa seharga 10 - 15.000)
  • Gunakan Jasa Guide lokal madakaripura karena mereka akan sangat membantu menuju air terjun. waspada saat tiba di parkiran, dan saat ingin pulang. Ada oknum yang berdalih sudah mencuci motor atau mobil anda dan meminta uang jasa. Sebaiknya ihlaskan saja untuk keamanan kendaraan kita.

Demikian postingan tentang informasi Air Terjun Madakaripura Probolinggo, semoga bemanfaat dan menjadi tujuan liburan akhir pekan, untuk pemesanan paket wisata bromo, paket wisata bromo malang, city tour batu malang dan sewa jeep bromo silahkan hubungi Kontak Kami.

Air Terjun Madakaripura Probolinggo


Travel Bromo Malang Adalah Agen Perjalanan Paket Wisata Bromo Yang Berdiri Sejak Tahun 2013 dan Berkantor di Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia.